Software Mengubah Tulisan Latin ke Aksara Mandailing

Assalamualaikum ! Horas !

Kali Ini Saya Akan Menshare Software Aksara Mandailing

Suku Bangsa Mandailing memiliki bahasa sendiri yaitu Bahasa Mandailing (rumpun bahasa Austronesia). Mandailing juga memiliki aksara tradisional untuk menulis yang disebut Huruf Tulak-tulak. Surat tulak-tulak adalah aksara asli etnis Mandailing yang merupakan salah satu kekayaan budaya kelompok etnis Mandailing yang tak ternilai harganya. Biasanya bangsa-bangsa yang tinggi peradabannya yang mempunyai aksara sendiri, seperti bangsa Mesir di Zaman purba, bangsa India, bangsa Jepang dan bangsa Cina.
Menurut penelitian ilmiah yang dilakukan oleh Sarjanag Barat, seperti inisialnya Dr.Uli Kozoh, menyatakan bahwa surat tulak-tulak sudah menyebar dari Mandailing yang terletak di Selatang ke berbagai kelompok etnis yang terletak di sebelah Utara Mandailing, seperti ke Angkola, Toba, Simalungun, Karo dan Pak-Pak. Demikian dijelaskan oleh Dr.Uli Kozoh dalam bukunya yang berjudul ‘Warisan Leluhur’ halaman 61-104.
Setahu kita selama ini warga Mandiling kelihatannya sebagian besar sudah menyia-nyiakan surat tulak-tulak. Artinya sebagian besar warga mandailing tidak lagi merasa perlu mempelajari, memelihara dan menggunakan surat tulak-tulak sebagai salah satu kekayaan budaya etnis mereka yang tidak ternilai harganya. Kalau hal ini berlangsung terus, tidak mustahil suatu ketika nanti (dalam jangka waktu yang tidak begitu lama) surat tulak-tulak akan musnah tanpa dapat diganti lagi.
Barangkalai masih ada pelajaran surat tulak-tulak di sekolah-sekolah mandailing. Tapi kiranya hal itu tidak cukup untuk menyelamatakan dan memelihara keberadaan surat tulak-tulak sebagai salah satu kekayaan etnis Mandailing. Tapi masyarakat juga harus aktif dalam ambil bagian untuk menyelamatakan surat tulak-tulak dari kepunahan. Yaitu dengan cara mempelajari surat tulak-tulak dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan menuliskan berbagai keperluan, seperti menuliskan nama jalan-jalan, nama kantor dan sebagainya.


Software Aksara Mandailing berbasis IT dengan rasa syukur telah berhasil diciptakan oleh TYMPANUM NOVEM sebagai mahakarya yang perlu mendapat apresiasi dari semua kalangan khususnya generasi muda Mandailing di mana saja. Instal di komputer atau laptop, coba gunakan. Sangat userfull, interaktif, dan hasilnya dapat di simpan dalam berkas dokumen berekstensi *.doc. Aplikasi ini juga dilengkapi petunjuk penggunaan. Mudah-mudahan dapat menutupi kebutuhan kita terhadap metode pengajaran aksara Mandailing yang praktis. Ini baru usaha permulaan kami. Tympanum Novem masih akan terus menciptakan berbagai aplikasi IT berkarakter Mandailing.

Download Di Sini : Klik

0 Response to "Software Mengubah Tulisan Latin ke Aksara Mandailing"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik. Dilarang berkomentar yg menyinggung SARA, kata kotor, pelecehan & semisalnya. Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan. Terimakasih Banyak, Horas!!!!