Download Animasi Proses Fotosintesis


Sebenarnya sudah lama tidak menjamah flash, namun saat acara workshop kemarin kebagian tugas membuat media pembelajaran interaktif menggunakan Adobe Flash. Akhirnya buka buka lagi arsip lama, dan jadi deh aplikasi sederhana ini. Media pembelajaran ini lebih cocok dijadikan bahan ajar untuk guru saat menyampaikan materi tentang proses fotosintesis. Sebab susuanannya memang sengaja diperuntukan sebagai alat bantu guru dalam mengajar. Seperti tampilan apersepsi dan modal yang mesti dijabarkan oleh guru agar maksud media ini tersampaikan.

Bagi yang penasaran seperti apa bentuknya, saya menyertakan link download di akhir artikel ini.

Untuk strukturnya saya membuat satu file induk yaitu fotosintesis.exe dan satu folder bernama materi yang berisi 9 file anakan terdiri dari aboutus.swf, apersepsi.swf, bantuan.swf, evaluasi.swf, indikator.swf, materi.swf, pustaka.swf, simulasi.swf dan sk-kd.swf. Nantinya file fotosintesis.exe sebagai file induk akan memanggil file-file anakan sesuai dengan tombol yang diklik menggunakan fungsi built-in actionscript loadMovie() dan akan ditempatkan pada sebuah moviclip.

Beberapa hal yang mungkin membingungkan

Daftar menu:
Media pembelajaran ini memiliki bagian menu dalam tiga blok.
  1. Blok pertama dibagian  header kiri, dimulai dari kiri ke kanan yaitu tombol untuk berpindah ke mode fullscreen,  tombol about us (pembuat media ini),  bantuan, dan tombol keluar.
  2. Blok header kanan hanya memuat satu menu bergambar rumah, jika di klik akan menuju ke halaman awal.
  3. Blok menu Utama yang berisi  inti materi yang terkandung dalam media pembelajaran ini. Dimulai dari apersepsi, sk-kd, indikator, modal, materi,  evaluasi dan pustaka.

Menu Utama:
  1. Apersepsi:  merupakan rangsangan awal,  dengan harap dapat merangsang siswa untuk penasaran dan mencari tahu, sebab kami yakin awal dari pengetahuan adalah dua hal ini
  2. SK-KD: Standar kompetensi dan kompetensi dasar yang hendak dicapai
  3. Indikator: Capaian  indikasi yang menggambarkan pencapaian tujuan pembelajaran melalui media ini
  4. Modal: Menu ini disebut modal karena merupakan modal dasar  untuk mempelajari fotosintesis sehingga pengetahuan siswa menjadi suatu runtutan yang terintegtrasi dengan materi sebelumnya.
  5. Materi: Bagian inti yang memuat simulasi dan penjelasan singkat tentang proses terjadinya fotosintesis
  6. Evaluasi: Tahap penilaian sebagai tolak ukur keberhasilan pembelajaran
  7. Pustaka: Kumpulan referensi yang digunakan untuk membangun media interaktif ini

    Download

    sumber : klikedukasi.com

0 Response to "Download Animasi Proses Fotosintesis"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai Topik. Dilarang berkomentar yg menyinggung SARA, kata kotor, pelecehan & semisalnya. Admin berhak tidak menampilkan komentar Anda jika melanggar Peraturan. Terimakasih Banyak, Horas!!!!